Pengertian,Tujuan,Jenis-jenis Bisnis Ritel

Hasil gambar untuk Bisnis Ritel

Pengertian/Tujuan/Jenis-Jenis/Bisni Ritel

Pengertian


     Bisnis retail adalah kegiatan usaha menjual barang atau jasa kepada perorangan untuk keperluan diri sendiri, keluarga atau rumah tangga.  Terkadang orang-orang berpikir bahwa  retailing  hanya melakukan penjualan produk di toko. Jasa yang ditawarkan oleh dokter gigi juga dapat disebut retailing, tukang salon, maupun penyewaan komik.


Jenis-Jenis


     Secara garis bessar pengecer dapat dibedakan menjadi pengecer toko (store retailing) dan pengecer bukan toko retailing (non – store retailing).  
Pengecer toko (store retailing).

1.Usaha eceran yang menggunakan toko sebagai sarana memasarkan produk yang dijual. Pada umumnya usaha eceran menggunakan toko yang disebut toko eceran.  
Pengecer bukan toko retailing (non – store retailing) 
2.Produknya tidak dipajangkan secara langsung, dengan kata lain pemajangan produk secara tetap tidak menjadi bagian eceran. Pengecer bukan toko termasuk diantaranya adalah  internet marketing,  direct selling.


Tujuan

     Perdagangan eceran melakukan aktivitas pengemasan menjadi bagian yang lebih kecil, menyimpan persediaan, menyediakan jasa agar pelanggan dapat memperoleh barang dengan mudah. Tujuan penjualan eceran “ritel” antara lain ialah sebagai berikut “Weits dkk, 2007:4”.

1.Menciptakan tersedianya pilihan akan kombinasi sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen.
2.Memberikan penawaran produk dan jasa pelayanan dalam unit yang cukup kecil sehingga memungkinkan para konsumen memenuhi kebutuhannya.
3.Menyediakan pertukaran nilai tambah dari produk “ready exchange of value”.
4.Mengadakan transaksi dengan para konsumen-nya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment